Disandera Di Atas Kapal Sendiri

Email adalah jenis komunikasi yang paling lazim digunakan dalam operasional bisnis apa pun. Karakteristik email yang kerap disepakati sebagai saluran komunikasi formal dalam relasi bisnis membuat setiap koordinasi antar tim kerja hingga komunikasi dengan pihak eksternal seperti klien, vendor, hingga lembaga pemerintahan dilakukan melalui email.

Di sisi lain, 90% serangan siber secara global dilancarkan melalui email. Di era digital kini ketika sebuah bisnis mengandalkan penyimpanan data di cloud maupun on premises, masalah keamanan email perusahaan atau biasa dikenal dengan istilah enterprise email security menjadi sangat penting peranannya bagi keberlangsungan bisnis, termasuk bisnis Anda.

Dalam kasus serangan siber melalui email, seringkali pengguna dimanipulasi untuk memberikan informasi sensitif tanpa sadar, misalnya email phishing berupa faktur palsu, hingga perintah untuk mengklik beberapa tautan malware ataupun ransomware yang dilampirkan ke email.

Praktik cybercrime yang marak ditemui dalam keseharian kita saat ini misalnya carding, yaitu modus yang memungkinkan peretas untuk bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit milik orang lain. Dalam aksinya, peretas akan mencoba mengorek informasi nomor kartu kredit korban dengan berbagai cara, salah satunya melalui email.

Target carder yaitu pengguna layanan internet banking, media sosial, e-commerce, e-wallet, layanan video & music streaming, dan pengguna aplikasi online sejenis yang ceroboh dan tidak teliti dalam melakukan transaksi secara online. Transaksi ilegal ini memungkinkan peretas untuk menggunakan kartu kredit korban tanpa memiliki kartu fisik. Jadi, mereka hanya membutuhkan data nomor kartu kredit korban dan masa berlaku kartu tersebut.

Hal ini diperparah dengan fakta bahwa secara default tingkat keamanan dari solusi email berbasis cloud yang ada saat ini masih belum dapat diandalkan 100% untuk dapat mengatasi risiko serangan siber. Data email Anda yang bersifat confidential berisiko terancam keamanannya pada saat Anda melakukan pengiriman maupun penerimaan email. Sebab satu klik saja dari jari Anda dapat membuat Anda terjebak dalam pencurian data dan identitas, enkripsi file akibat serangan ransomware, hingga bocornya informasi dan laporan keuangan.

Itulah sebabnya mengapa email security khususnya bagi perusahaan fungsinya sangat penting dan sudah harus dipertimbangkan sebagai prioritas utama dalam operasional bisnis saat ini.

Guna mengetahui apa itu email security, pentingnya peran serta fungsi email security, benefit email security bagi perusahaan, serta apa solusi email security terbaik untuk perusahaan, yuk simak terus tulisan ini sampai habis, ya!

Daftar Isi
1. Apa Itu Email Security?
2. Mengapa Email Security Penting untuk Keberlangsungan Bisnis?
    2.1. Email Adalah Target Umum Para Peretas
    2.2. Sedikit Celah Bisa Berakibat Fatal bagi Keberlangsungan Bisnis
    2.3. Peretas Selalu Beraksi dengan Metode Terbaru
3. Benefit Enterprise Email Security untuk Keberlangsungan Bisnis
    3.1. Kontrol Penuh pada Akses Perangkat
    3.2. Meningkatkan Perlindungan dari Virus, Spam dan Phishing
    3.3. Meningkatkan Perlindungan dari Serangan Zero-Day
    3.4. Meningkatkan Perlindungan dari Serangan Ransomware
4. Langkah-Langkah Praktis untuk Melindungi Email dan Data Berharga Perusahaan Anda
    4.1. Selalu Lakukan Backup Secara Berkala Terutama File-File Penting
    4.2. Meningkatkan Awareness Karyawan terhadap Ancaman Serangan Siber
    4.3. Menerapkan Two-Factor Authentication (2FA)
    4.4. Menggunakan Solusi Enterprise Email Security Terbaik

Apa Itu Email Security?

Secara definisi, email security adalah usaha-usaha untuk menjaga dan melindungi informasi-informasi sensitif dalam setiap komunikasi melalui email. Tindakan pencegahan serangan siber ini dilakukan khususnya terhadap akses data, risiko kehilangan data, hingga pencegahan transaksi mencurigakan. Email security akan berfungsi sebagai email gateway yang melakukan filtering pada setiap konten yang masuk melalui akun email Anda, di mana email merupakan media yang kerap digunakan oleh peretas untuk menyebarkan malware, spam, dan serangan phishing.

Serangan siber tersebut biasanya dilakukan peretas dengan cara mengirimkan pesan-pesan email yang seolah-olah asli dan dikirim dari pengirim yang tampak asli, guna membujuk penerima agar membocorkan informasi sensitif, membuka attachment, atau perintah untuk mengklik hyperlink yang langsung terarah ke proses instalasi malware pada perangkat korban.

Mengapa Email Security Penting untuk Keberlangsungan Bisnis?

Terdapat beberapa faktor yang menjadikan peran email security sangat penting untuk keberlangsungan bisnis, berikut ini penjelasan selengkapnya.

Email Adalah Target Umum Para Peretas

1. Email Adalah Target Umum Para Peretas

Hal pertama yang karyawan dapatkan segera setelah mereka bergabung dengan suatu perusahaan adalah akun email resmi mereka. Setiap harinya, seluruh karyawan menggunakan ID email masing-masing untuk mengakses informasi perusahaan dan untuk saluran komunikasi formal dengan sesama karyawan antar divisi maupun dengan pihak eksternal perusahaan.

Oleh karena itu, ketika karyawan bekerja secara jarak jauh (work from home) seperti sejak pandemi Covid-19 melanda hampir dua tahun belakangan, tentunya mereka menggunakan media email untuk hampir semua kebutuhan komunikasi dengan frekuensi yang lebih sering dibanding ketika mereka bekerja di kantor.

Di sisi lain, hal tersebut meningkatkan risiko serangan siber. Sebab dengan semakin tingginya frekuensi penggunaan email di hampir semua sektor perusahaan saat ini, peretas seringkali melakukan phishing, pengiriman pesan click bait, social engineering, dan masih banyak jenis serangan lainnya dengan tujuan untuk mengeksploitasi celah dalam sistem keamanan TI Anda melalui email.

2. Sedikit Celah Bisa Berakibat Fatal bagi Keberlangsungan Bisnis

Adanya celah sedikit saja pada sistem email security Anda, bisa memuluskan serangan malware atau spyware yang rentan menyusup ke seluruh jaringan sistem informasi Anda, sehingga dampaknya membahayakan sistem informasi perusahaan berupa kebocoran data hingga pencurian data.

Situasi ini akan jauh lebih buruk ketika Anda terkena serangan ransomware yang dalam sekejap akan mengenkripsi seluruh file dan data-data penting perusahaan Anda. Akibatnya, Anda tidak bisa melakukan apa pun jika sudah terlanjur terkena serangan ransomware.

Serangan ransomware akan menembus akses hingga memblokir akses menuju data-data penting Anda dengan cara mengenkripsinya. Peretas hanya mengizinkan Anda untuk bisa kembali mengakses data berharga Anda hanya setelah Anda melakukan pembayaran berupa uang tebusan, biasanya berupa bitcoin. Namun kabar buruknya adalah, misalkan Anda sudah membayar sejumlah tebusan yang mereka inginkan, tak lantas menjamin data-data Anda bisa kembali selamat 100%. Ibaratnya, Anda disandera oleh perompak di atas kapal Anda sendiri; antara hidup dan mati peluangnya fifty-fifty.

3. Peretas Selalu Beraksi dengan Metode Terbaru

Untuk melancarkan aksi jahatnya demi keuntungan mereka, tentunya peretas selalu menggunakan metode yang paling mutakhir untuk dapat menembus security firewall sistem informasi Anda. Misalnya dengan cara AI fuzzing (AIF) dan machine learning poison (MLP), yang memungkinkan peretas melakukan serangan siber secara otomatis ke sistem informasi Anda.

Selain itu, peretas bisa saja memanfaatkan celah cloud vulnerability dengan cara mengacak-acak alur proses bisnis perusahaan, yang pada akhirnya merusak image dan kredibilitas perusahaan Anda yang dampaknya akan terasa dalam jangka panjang, terutama potensi merosotnya kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap layanan/produk bisnis Anda.

Tentunya risiko-risiko tersebut merupakan ancaman serius bagi perusahaan mana pun, sehingga sangat penting bagi Anda untuk dapat menerapkan langkah-langkah keamanan email tingkat lanjut (advanced email security). Selain itu, Anda juga dapat memilih penyedia layanan enterprise email security yang menawarkan solusi keamanan siber secara menyeluruh.

Benefit Enterprise Email Security untuk Keberlangsungan Bisnis

Seiring meningkatnya ancaman serangan siber berupa penyebaran virus, spam, phishing, pencurian identitas dan data-data penting perusahaan, hingga serangan ransomware, kini Anda pun harus mulai berinisiasi untuk melakukan proteksi data-data bisnis perusahaan Anda dengan menggunakan enterprise email security sebagai prioritas utama kebutuhan bisnis Anda.

Berikut beberapa benefit atau keuntungan jika Anda menggunakan enterprise email security untuk perusahaan.

1. Kontrol Penuh pada Akses Perangkat

Dengan menggunakan enterprise email security Anda dapat melakukan kontrol penuh pada akses perangkat perusahaan Anda secara menyeluruh berupa blacklist dan whitelist, yaitu mencegah akses-akses mencurigakan yang menyusup ke setiap konten beserta attachment email, sekaligus mengizinkan akses penuh pada perangkat yang aman. Hal ini akan memastikan kontrol keamanan pada akses konten yang masuk melalui akun email Anda secara real-time.

2. Meningkatkan Perlindungan dari Virus, Spam dan Phishing

Dalam serangan phishing, peretas mengirim email yang tampaknya berasal dari pengirim yang seolah-olah asli untuk mengelabui penerima agar mengungkapkan informasi sensitif seperti nomor rekening bank, kata sandi akun, hingga informasi kartu kredit.

Penggunaan CBNCloud Enterpsise Email Security yang didukung oleh platform Green Radar memiliki fitur grAnalytics yang akan memindai setiap attachment email dari ancaman virus atau malware, mengidentifikasi apakah konten email yang masuk melalui akun email Anda ada hubungannya dengan scam, penipuan cryptocurrency, serta memindai pula tautan atau URL apa pun yang terdapat pada email guna mencegah serangan phishing. Dengan pendeteksian ini maka karyawan Anda pun dapat segera mengambil tindakan seperti memblokir alamat email berbahaya tersebut atau mengambil tindakan pengamanan lainnya untuk mencegah serangan selanjutnya.

3. Meningkatkan Perlindungan dari Serangan Zero-Day

Serangan Zero-Day umumnya dimulai melalui tautan-tautan atau attachment berbahaya yang dikirimkan melalui email. Mencegah serangan Zero-Day memerlukan perlindungan berlapis untuk menghadapi ancaman malware, virus, spam, serta serangan yang ditargetkan seperti phishing, spear-phishing, atau serangan whaling. Penggunaan enterprise email security yang memiliki fitur sandboxing akan menganalisis perilaku setiap attachment email yang masuk sehingga mencegah serangan Zero-Day berkat perlindungan anti-malware dan anti-spam.

4. Meningkatkan Perlindungan dari Serangan Ransomware

Selanjutnya, penggunaan enterprise email security akan memberikan kemampuan perlindungan ancaman secara real-time dengan menggunakan teknologi machine learning dan sandboxing, untuk mencegah secara efektif terhadap ancaman fatal seperti ransomware. Karena serangan ransomware sering dilancarkan melalui email, cara paling efektif untuk menghentikan serangannya yaitu dengan memblokir berbagai URL berbahaya serta perlindungan secara real time pada setiap email attachment yang masuk melalui setiap akun email perusahaan Anda.

Langkah-Langkah Praktis untuk Melindungi Email dan Data Berharga Perusahaan Anda

Berikut ini 4 langkah-langkah praktis untuk mengamankan email perusahaan Anda.

1. Selalu Lakukan Backup Secara Berkala Terutama File-File Penting

Meskipun strategi penggunaan enterprise email security yang secara efektif akan mengurangi potensi ancaman serangan siber pada sistem informasi perusahaan Anda, faktanya tidak ada strategi keamanan atau solusi kemanan siber yang sepenuhnya aman 100%, sehingga Anda harus mempersiapkan mitigasi guna menghadapi kemungkinan terburuk.

Untuk meminimalkan potensi kerusakan dan kehancuran dalam serangan ransomware, Anda harus melakukan backup terhadap data-data penting perusahaan secara berkala. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan melakukan backup di beberapa lokasi penyimpanan berbeda, memisahkan data-data Anda dan tidak menggabungkannya dalam satu lokasi, serta melakukan backup & recovery secara teratur untuk mengidentifikasi masalah atau potensi risiko kelemahan sistem informasi.

2. Meningkatkan Awareness Karyawan terhadap Ancaman Serangan Siber

Melakukan advokasi guna meningkatkan kesadaran seluruh karyawan perusahaan Anda terhadap pentingnya keamanan siber merupakan langkah yang efektif untuk meminimalkan ancaman serangan siber. Menurut laporan Global 2018, sebagian besar kejadian serangan siber ini terjadi diakibatkan oleh human error yang tidak aware terhadap keamanan siber. Perusahaan Anda dapat mengurangi risiko ini dengan melakukan sharing session hingga pelatihan khusus terkait keamanan siber kepada seluruh karyawan secara berkesinambungan.

Contoh informasi yang penting untuk diadvokasikan misalnya dengan menghimbau seluruh karyawan untuk menjaga kerahasiaan password masing-masing, melakukan penggantian password secara berkala, menghindari penggunaan password yang berhubungan dengan alamat, nomor telepon, nama peliharaan, nama anak, klub olahraga favorit, hingga penggunaan password yang paling umum digunakan yaitu tanggal ulang tahun. Selain itu, lakukan advokasi juga untuk tidak menggunakan password untuk semua akun Anda, terlebih dengan password yang sama dengan akun media sosial Anda, sebab potensi risikonya sangat besar untuk bisa diretas pelaku kejahatan siber.

3. Menerapkan Two-Factor Authentication (2FA)

Two-Factor Authentication (2FA) adalah jenis multi-factor authentication (MFA) yang bertujuan untuk memperkuat keamanan akses yang mengharuskan otentikasi dua metode (authentication factors) guna memverifikasi identitas Anda, selain username dan password pengguna. Kode yang hanya berlaku satu kali (one-time code) tersebut akan dikirim melalui SMS, email, hingga aplikasi seperti Google Authenticator atau Microsoft Authenticator.

Penerapan Two-Factor Authentication ini akan melindungi sistem informasi perusahaan Anda dari serangan phishing hingga pengambilalihan akun. Dalam situasi di mana kredensial akun email perusahaan Anda berhasil dicuri, penerapan multi-factor authentication tersebut dapat mencegah peretas untuk mendapatkan akses dan melakukan tindakan tak bertanggung jawab selanjutnya ke dalam sistem informasi Anda.

4. Menggunakan Solusi Enterprise Email Security Terbaik

Tanpa penggunaan solusi email security yang tepat, sistem informasi perusahaan Anda sangat rentan terhadap ancaman serangan siber melalui email. Sehingga penggunaan email security yang handal dengan teknologi paling mutakhir akan membantu perusahaan Anda untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dengan alur kerja dan proses bisnis sesuai dengan strategi perusahaan.

Solusi Enterprise Email Security Terbaik

Amankan bisnis Anda dengan solusi CBNCloud Enterprise Email Security yang didukung oleh platform Green Radar, solusi paling mutakhir untuk memproteksi email bisnis Anda dari serangan siber. Solusi ini akan melakukan perlindungan pada email perusahaan Anda secara menyeluruh guna menangkal serangan spam, virus, malware, email spoofing, phishing, CEO fraud, serta ancaman lain yang lazim dilancarkan melalui email.

Selain itu, karena solusi yang didukung platform Green Radar ini berbasis software as a service (SaaS), mekanisme penggunaan dan pembayarannya dilakukan secara berlangganan atau subscription-based yang terjangkau oleh small business, startup, hingga enterprise. Dengan demikian, benefit ini akan sangat menguntungkan bagi bisnis Anda baik dalam penggunaan jangka pendek maupun jangka panjang. Klik di sini untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan kami.

Nikmati kemudahan bertransformasi digital bersama CBNCloud, optimized to simplify your life.

HUBUNGI KAMI:
sales@cbncloud.co.id
+6221 2996 4977 ext. 6800
cbncloud.co.id

Kontak media

Call Center

Contact our sales representatives to help you arrange schedule for a presentation

Support

Our helpful and always ready experts are a click or call away. Anytime, anywhere.

Member Center

Sign in and enjoy our various solutions as a member for your business