FAQ: Migrasi Neptune

  • digital.mkt@cbncloud.co.id
  • 12/9/2024, 6:45:52 AM

FAQ Migrasi

 

  1. Apa yang dimaksud dengan migrasi VM?

    Proses memindahkan Virtual Machine (VM) dari satu host (platform lama) ke host baru (platform baru).

     

  2. Mengapa perlu dilakukan migrasi ke platform baru?

    CBNCloud akan beralih ke platform baru dengan pembaharuan hardware yang lebih canggih bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan keamanan.

     

  3. Apa yang membedakan platform baru ini dengan platform lama?

    Platform baru memiliki teknologi yang lebih baik, kapasitas lebih besar, dan kemampuan untuk menangani beban yang lebih tinggi, dengan peningkatan efisiensi dan keamanan. Selain itu, pembaharuan hardware memungkinkan kami untuk memberikan kinerja yang lebih stabil dan cepat.

     

  4. Apakah migrasi dikenakan biaya?

    Secara umum migrasi tidak dikenakan biaya, namun terdapat kondisi yang menyebabkan migrasi dikenakan biaya yaitu apabila migrasi dari OS Opensource ke OS berbayar contoh dari OS Centos ke OS Cloud Linux. 

     

  5. Apakah layanan saya tetap dapat diakses  dan apakah terjadi downtime selama migrasi?

    Proses transfer data tidak terjadi downtime. Operational (layanan) tetap berjalan normal, namun ada sedikit dampak pada performa server dikarenakan proses perindahan data. Terjadi downtime pada saat proses cutover/migrasi/pointing record pada DNS Management yang memerlukan waktu 1x24 jam sampai 2x24 jam.  

     

    Namun Anda tidak perlu khawatir, CBNCloud akan mengirimkan pemberitahuan sebelumnya dan proses migrasi dilakukan di waktu yang telah di sepakati oleh customer. Disarankan untuk migrasi dilakukan di luar jam operational mulai pukul 21.00 WIB atau diakhir pekan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi dampak pada operasi bisnis customer sehingga tidak mengganggu kinerja layanan Anda. 

     

  6. Apa yang harus saya persiapkan untuk migrasi ini?

    Pastikan bahwa Anda memiliki backup data yang terbaru. CBNCloud juga akan memberikan petunjuk lebih lanjut mengenai langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk memastikan proses migrasi berjalan dengan lancar.

     

  7. Apakah perlu mengubah nama domain saat migrasi?

    Tidak perlu, Anda cukup memperhatikan dan mengatur konfigurasi kembali DNS Anda (apabila DNS berada diluar CBNCloud).

     

  8. Apakah migrasi virtual machine (VM) ini akan berdampak pada IP Publik pada VM?

    Ya, ketika berpindah ke platform baru IP publik Anda akan berubah. IP public Anda sebelumnya tidak dipertahankan diplatform baru.

     

  9. Apakah setelah migrasi, saya harus melakukan perubahan pada konfigurasi virtual machine saya?

    Sebagian besar konfigurasi VM akan dipertahankan, namun ada kemungkinan beberapa pengaturan atau aplikasi perlu disesuaikan untuk kompatibilitas dengan platform baru. Tim support CBNCloud siap membantu Anda dalam proses ini.

     

  10. Jika saya mengalami masalah setelah migrasi, apa yang harus saya lakukan?

    Apabila Anda mengalami masalah setelah migrasi tim support CBNCloud tersedia 24/7 untuk membantu, hubungi kami di telp: (021)29964977 ext 3104 atau email: support@cbncloud.co.id 

     

  11. Bagaimana keamanan data saya selama proses migrasi?

    Keamanan data Anda adalah prioritas utama CBNCloud. Untuk memastikan data Anda Aman selama migrasi kami menggunakan prosedur yang aman. 

     

  12. Apakah migrasi ini harus dilakukan untuk semua customer?

    Ya, migrasi ini dilakukan untuk semua customer karena platform lama tidak lagi didukung dan akan dihentikan. CBNCloud menyarankan untuk melakukan migrasi lebih cepat agara dapat menikmati layanan kualitas terbaik. 

     

  13. Bagaimana cara saya mengetahui status migrasi saya?

    Status proses migrasi akan diinfokan melalui email atau WhatsApp (apabila diperlukan), Anda juga dapat mengghubungi tim support CBNCloud melalui telp: (021)29964977 ext 3104 atau email:  support@cbncloud.co.id.

     

  14. Apakah ada pengaturan yang berubah dari sisi user akibat migrasi ini?

    Ada, namun hanya perubahan pengaturan konfigurasi pada aplikasi mail klien seperti outlook, thunder bird, dan lain-lain.

     

  15. Kapan migrasi ini akan berlangsung?

    Kami akan memberikan jadwal migrasi yang terperinci dan memastikan semua pelanggan diberi tahu sebelumnya. 

     

  16. Berapa lama proses migrasi akan berlangsung?

    Estimasi waktu migrasi untuk setiap Virtual Machine akan bergantung pada size Virtual Machine dan kompleksitas konfigurasi yang ada, biasanya dalam hitungan jam atau beberapa hari.

     

  17. Apakah yang terjadi jika migrasi gagal ? Apakah ada rollback plan?

Sebelum dilakukan pointing record yang baru pada DNS Management, CBNCloud akan melakukan testing internal dahulu apakah website sudah berjalan dengan sesuai seperti sebelumnya, lalu konfirmasi kepada customer tentang kesesuaian Virtual Machine yang baru baik itu konfigurasi, website, maupun data-data lainnya. 

 

Apabila dari customer sudah konfirmasi OK, CBNCloud baru melakukan pointing domain ke IP VM yang baru. kemudian ketika terjadi issue pada VM yang baru, CBNCloud akan mengecheck terlebih dahulu, apabila masih belum bisa diperbaiki maka pointingan domain akan dikembalikan ke VM sebelumnya.

 

Catatan : 

Customer yang menggunakan cPanel dengan OS Linux CentOS :

OS CentOS sudah tidak disupport oleh cPanel per tanggal 30 Juni 2024, sehingga beberapa fitur tidak bisa digunakan. Kami sarankan User segera melakukan upgrade/migrasi menjadi Almalinux/Cloud Linux untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Berikut pemberitahuan dari cPanel: 

 

Baca di sini

 

CBNCloud memberikan dua pilihan yang kompatibel dengan service cPanel yaitu OS Almalinux dan CloudLinux.  Untuk memudahkan CBNCloud mohon untuk informasikan versi PHP & Mysql dari website pada VM Existing dan versi email klien yang digunakan bapak/ibu. CBNCloud tidak dapat menyamakan OS yang digunakan pada VM Existing dikarenakan  keterbatasan PHP & MYSQL yang tersedia dengan versi PHP&Mysql yang terinstall di aplikasi bapak/ibu apabila CBNCloud install OS lain. 

 

CBNCloud menyarankan untuk mengganti OS CloudLinux (berbayar) dengan menyamakan versi PHP&Mysql existing, atau menganti OS Almalinux (gratis) namun dengan bapak/ibu diwajibkan untuk melakukan upgrade versi PHP&Mysql. 

 

 

 

Almalinux 8

CloudLinux 8

PHP minimum

7.2 & 8.0

5.1, 7.0, 8.0

Kekurangan

Tidak Support :

Client windows 7,

Outlook versi 2007 & 2010

Email klien yang tidak support TLS versi dibawah 1.2

Support :

Client windows 7,

Outlook versi 2007 & 2010

Email klien support TLS versi dibawah 1.2

 

 

Saran

OS Windows 7 keatas

Email Client : Mozilla Thunderbird

OS berlisensi (berbayar)