Pengumuman

  • digital.mkt@cbncloud.co.id
  • 6/13/2025, 7:54:20 AM
CBNCloud Important Announcement

Frequently Asked Questions: Migrasi Neptune 2025 

  1. Apa yang dimaksud dengan migrasi VM?  

Proses memindahkan Virtual Machine (VM) dari satu host (platform lama) ke host baru (platform baru).  

  

  1. Mengapa perlu dilakukan migrasi ke platform baru?  

CBNCloud akan beralih ke platform baru dengan pembaharuan hardware yang lebih canggih bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan keamanan. Platform lama sudah tidak lagi mendukung pembaharuan dan perbaikan yang diperlukan untuk mempertahankan kinerja dan keamanan.  

  

  1. Apa yang membedakan platform baru dengan platform lama?  

Platform baru memiliki teknologi yang lebih baik, kapasitas lebih besar, dan kemampuan untuk menangani beban yang lebih tinggi, dengan peningkatan efisiensi dan keamanan. Selain itu, pembaharuan hardware memungkinkan kami untuk memberikan kinerja yang lebih stabil dan cepat.  

  

  1. Apakah migrasi dikenakan biaya?   

Secara umum migrasi tidak dikenakan biaya, namun terdapat kondisi yang menyebabkan migrasi dikenakan biaya yaitu apabila migrasi dari OS Opensource ke OS berbayar contoh dari OS Centos ke OS CloudLinux.   

  

  1. Apakah ada downtime selama migrasi?  

Proses migrasi memerlukan downtime untuk setiap VM yang dipindahkan, hal ini disebabkan adanya proses pointing record pada DNS management yang memerlukan propagasi 1x24 jam.  

 

Sebagai tindakan preventif dalam mengurangi dampak pada kegiatan operasional bisnis pelanggan, CBNCloud akan mengirimkan pemberitahuan sebelumnya dan proses migrasi akan dilakukan pada waktu yang telah disepakati oleh pelanggan.  

 

CBNCloud akan memberikan saran proses migrasi dilakukan di luar jam operasional yaitu pada pukul 21.00 WIB atau di akhir pekan. Sehingga tidak mengganggu kinerja operasional dan layanan bisnis. 

  

  1. Apakah layanan saya tetap dapat diakses selama migrasi?  

Selama proses migrasi layanan tidak dapat diakses karena server mengalami downtime.  

  

  1. Apa yang harus saya persiapkan untuk migrasi ini?  

Pastikan bahwa Anda memiliki backup data yang terbaru. CBNCloud juga akan memberikan petunjuk lebih lanjut mengenai langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memastikan proses migrasi berjalan dengan lancar. 

 

  1. Apakah perlu mengubah nama domain saat migrasi?  

Tidak perlu, Anda cukup memperhatikan dan mengatur konfigurasi kembali DNS Anda (apabila DNS berada diluar CBNCloud) . 

  

  1. Apakah migrasi virtual machine (VM) ini akan berdampak pada IP publik dalam VM?  

Ya, ketika berpindah ke platform baru IP publik Anda akan berubah. IP publik Anda sebelumnya tidak dipertahankan di platform baru.  

 

  1. Apakah setelah migrasi, saya harus melakukan perubahan pada konfigurasi virtual machine saya?  

Sebagian besar konfigurasi VM akan dipertahankan, namun ada kemungkinan beberapa pengaturan atau aplikasi perlu disesuaikan untuk kompatibilitas dengan platform baru. Tim support CBNCloud siap membantu Anda dalam proses ini.  

  

  1. Jika saya mengalami masalah setelah migrasi, apa yang harus saya lakukan?  

Apabila terjadi kendala setelah proses migrasi dilakukan, tim support CBNCloud siap sedia membantu selama 24/7. Anda bisa hubungi kami di telp: (021) 29964977 dengan ext 3104 atau email: support@cbncloud.co.id

  

  1. Bagaimana keamanan data saya selama proses migrasi?  

Keamanan data Anda adalah prioritas utama CBNCloud. Untuk memastikan dan menjamin keamanan data Anda selama migrasi kami menggunakan prosedur yang sesuai dengan SOP keamanan ketat. 

  

  1. Apakah migrasi ini harus dilakukan untuk semua pelanggan?  

Iya, migrasi ini dilakukan untuk semua pelanggan karena platform lama tidak lagi mendukung dan akan dihentikan. CBNCloud menyarankan untuk melakukan migrasi lebih cepat agar dapat menikmati layanan dengan kualitas lebih baik.   

  

  1. Bagaimana cara saya mengetahui status migrasi saya?  

Status proses migrasi akan diinfokan melalui email atau WhatsApp (apabila diperlukan), Anda juga dapat mengghubungi tim support CBNCloud melalui telp: (021) 29964977 ext 3104 atau email: support@cbncloud.co.id.

  

  1. Apakah ada pengaturan yang berubah dari sisi pengguna akibat migrasi ini?  

Ada, namun hanya perubahan pengaturan konfigurasi pada aplikasi mail klien seperti Outlook, Thunder Bird, dan aplikasi lainnya.   

 

  1. Kapan proses migrasi ini akan berlangsung?  

Kami akan memberikan jadwal migrasi yang terperinci dan memastikan semua pelanggan telah diinformasikan sebelumnya melalui email ataupun WhatsApp.  

 

  1. Berapa lama proses migrasi akan berlangsung?  

Estimasi waktu migrasi untuk setiap VM akan bergantung pada ukuran VM dan kompleksitas situs dan data pada server beserta konfigurasi yang akan dilakukan. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk proses migrasi ini dalam hitungan jam atau hari. 

 

  

Catatan :

Customer yang menggunakan cPanel dengan OS Linux CentOS:  

 

OS CentOS sudah tidak disupport oleh cPanel per tanggal 30 Juni 2024, sehingga beberapa fitur tidak bisa digunakan. Kami sarankan pengguna segera melakukan upgrade/migrasi menjadi Almalinux/Cloud Linux untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Berikut pemberitahuan dari cPanel:  

 

https://docs.cpanel.net/knowledge-base/cpanel-product/cpanel-deprecation-plan/#   
 

CBNCloud memberikan dua pilihan yang kompatibel dengan layanan cPanel yaitu OS Almalinux dan CloudLinux.  Untuk memudahkan CBNCloud mohon untuk informasikan versi PHP & MySQL dari situs pada VM yang terpasang dan versi email klien yang digunakan Bapak/Ibu. CBNCloud tidak dapat menyamakan OS yang digunakan pada VM yang terpasang dikarenakan  keterbatasan PHP & MySQL yang tersedia dengan versi PHP  & MySQL yang terpasang di aplikasi Bapak/Ibu apabila CBNCloud memasang OS lain. 

 

CBNCloud menyarankan untuk mengganti OS CloudLinux (berbayar) dengan menyamakan versi PHP & MySQL yang digunakan, atau menganti OS Almalinux (gratis) namun dengan Bapak/Ibu diwajibkan untuk melakukan upgrade versi PHP & MySQL. 

  

  

Almalinux 8  

CloudLinux 8  

PHP minimum  

7.2 & 8.0  

5.1, 7.0, & 8.0  

Kekurangan  

Tidak support:  

Client Windows 7,  

Outlook versi 2007 & 2010  

Email klien yang tidak support TLS versi dibawah 1.2

Support:  

Client Windows 7,  

Outlook versi 2007 & 2010  

Email klien support TLS versi dibawah 1.2

Saran  

OS Windows 7 keatas  

Email Client : Mozilla Thunderbird  

OS berlisensi (berbayar)  

 

CBNCloud Layanan Cloud Andal dan Teruji