Tahun baru, Private Cloud Baru

Teknologi cloud computing saat ini semakin banyak digunakan oleh perusahaan yang sudah mulai menyadari berbagai benefit yang dimiliki oleh solusi cloud server. Berkat banyaknya benefit dalam mengelola sistem informasi dan beban kerja mereka, sebagian besar sistem informasi perusahaan dari beragam sektor sudah bermigrasi ke cloud.

Namun, masih ada beberapa sektor bisnis yang ragu untuk bermigrasi ke cloud karena khawatir terkait privasi dan keamanan data-data confidential mereka jika menggunakan cloud, terutama bagi sektor heavily regulated industry seperti perbankan, healthcare, mining industry, hingga sektor pemerintahan.

Untuk menjawab kekhawatiran tersebut, solusi private cloud menawarkan layanan cloud computing dengan benefit kustomisasi, skalabilitas, kontrol penuh dan tingkat keamanan yang lebih baik untuk bisnis Anda.

Jadi, apa itu private cloud?

Pada artikel sebelumnya mengenai 5 Benefit Private Cloud untuk Bisnis Anda, secara ringkas kami sudah membahas perihal benefit private cloud untuk berbagai sektor bisnis. Kali ini kami ingin mengenalkan lebih dekat terkait private cloud meliputi definisi, cara kerja, perbedaan private cloud dengan tipe cloud lainnya, benefit dan keunggulan private cloud untuk Anda yang sedang menelusuri penyedia layanan private cloud handal terpercaya dengan data center di Indonesia. Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut, yuk simak terus tulisan ini sampai habis, ya!

Daftar Isi
1. Apa Itu Private Cloud?
2. Bagaimana Cara Kerja Private Cloud?
3. Apa Perbedaan Antara Private Cloud, Public Cloud dan Hybrid Cloud?
4. Keuntungan Private Cloud yang Menjadikan Private Cloud Pas untuk Bisnis Anda
    4.1. Kontrol Penuh di Tangan Anda
    4.2. Kustomisasi
    4.3. Pemenuhan Compliance dan Regulasi
    4.4. Keamanan dan Privasi
5. Mengapa Semakin Banyak Bisnis yang Migrasi ke Private Cloud?
6. Solusi Private Cloud Handal Terpercaya

Apa Itu Private Cloud?

Pengertian private cloud dari The National Institute for Standards and Technology (NIST) mendefinisikan bahwa private cloud adalah infrastruktur cloud yang disediakan untuk penggunaan oleh satu organisasi atau perusahaan secara dedicated. Private cloud dapat dimiliki, dikelola dan dioperasikan oleh organisasi itu sendiri maupun oleh penyedia layanan cloud seperti CBNCloud, atau kombinasi dari keduanya.

Sederhananya, private cloud adalah tipe cloud computing di mana semua sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak yang dikhususkan dan hanya dapat diakses oleh satu perusahaan.

Pada dasarnya private cloud memiliki berbagai fitur dasar yang dimiliki juga oleh public cloud yakni skalabilitas serta memiliki kemampuan virtualisasi dan sumber daya komputasi yang dapat dialokasikan sesuai kebutuhan.

Di sisi lain, private cloud memiliki banyak keunggulan lain yang tidak dimiliki oleh public cloud yaitu kemampuan kustomisasi pada infrastruktur cloud dan kontrol penuh di tangan Anda sebagai pengguna layanan private cloud. Berkat benefit ini, Anda pun dapat fleksibel mengatur tingkat keamanan cloud sesuai dengan kebutuhan Anda, dan tentunya sesuai dengan pemenuhan regulasi dan compliance sektor industri Anda.

Dari segi sumber daya, private cloud memang memerlukan sumber daya yang lebih banyak daripada public cloud berupa tenaga ahli, waktu dan biaya yang tak sedikit. Namun berkat benefit kontrol penuh dan fleksibilitas keamanan, private cloud memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Sebab data sensitif Anda tidak harus dibagikan dengan penyedia layanan pihak ketiga sebagaimana yang terjadi pada layanan public cloud.

Beberapa sektor bisnis yang tergolong heavily regulated industry seperti industri perbankan dan healthcare sangat direkomendasikan untuk memilih private cloud dengan pertimbangan persyaratan regulasi dan compliance, sebab lingkup kerja sektor tersebut berhubungan dengan dokumen rahasia, data keuangan, informasi pengenal pribadi, catatan medis, rencana bisnis, atau data sensitif lainnya.

Bagaimana Cara Kerja Private Cloud?

Private cloud beroperasi secara virtual atau disebut juga dengan virtualisasi. Teknologi virtualisasi ini menggabungkan sumber daya dari perangkat keras sehingga cloud tidak harus memvirtualisasikan sumber daya satu per satu. Layanan private cloud merupakan single-tenant environment, dengan kata lain suatu organisasi yang menggunakan layanan private cloud tidak berbagi ruang sumber daya dengan organisasi lain.

Seiring perkembangan bisnis yang selalu dinamis, Anda dapat menggabungkan public cloud dengan private cloud sesuai kebutuhan. Sistem operasi ini dikenal sebagai sistem hybrid cloud yang memungkinkan beban kerja Anda dapat berpindah di antara dua environment yang saling terkoneksi, sehingga menghasilkan benefit kecepatan yang dibutuhkan untuk penyebaran data dan fleksibilitas penggunaan, seiring bertambahnya jumlah data tersimpan serta meningkatnya beban kerja bisnis Anda.

Apa Perbedaan Antara Private Cloud, Public Cloud dan Hybrid Cloud?

Berikut ini perbedaan secara mendasar antara private cloud, public cloud dan hybrid cloud.

- Public Cloud

Public cloud adalah layanan cloud yang memiliki akses terbuka ke publik dan dapat digunakan oleh siapa saja. Penyedia layanan public cloud mengoperasikan server virtual atau virtualisasi dan penyimpanan cloud melalui internet sekaligus mengelola semua infrastruktur pendukung.

Setiap pengguna public cloud berbagi arsitektur dan layanan cloud yang sama dengan pengguna lainnya, yang mereka akses melalui dashboard mereka. Saat ini public cloud banyak digunakan karena mempunyai benefit berupa biaya yang ekonomis, reliable & scalable.

- Private Cloud

Private cloud adalah layanan cloud yang didedikasikan untuk satu organisasi. Sumber daya private cloud hanya digunakan oleh satu organisasi yang tidak diekspos ke publik. Private cloud berada di dalam organisasi dan harus berada di belakang firewall, dengan demikian hanya organisasi itulah yang memiliki akses dan dapat mengelolanya.

Perbedaan utama private cloud dengan public cloud yaitu infrastruktur private cloud selalu dipelihara di jaringan private dengan semua infrastruktur yang digunakan hanya oleh satu organisasi secara dedicated. Benefit private cloud di antaranya kemampuan kustomisasi pada infrastruktur cloud, jaminan privasi perusahaan dan kontrol penuh di tangan Anda.

- Hybrid Cloud

Hybrid cloud mengkombinasikan fungsi public cloud dan private cloud dalam infrastruktur multi-cloud. Solusi hybrid cloud sangat cocok diterapkan untuk menangani fluktuasi permintaan. Contoh kasus, bisnis Anda dapat memindahkan beban kerja di private cloud Anda ke public cloud saat permintaan melonjak, tetapi Anda pun dapat tetap mempertahankan kontrol private atas data sensitif apa pun.

Dengan kata lain, hybrid cloud adalah layanan cloud yang didistribusikan di antara public cloud dan private, di mana aplikasi sensitif dialokasikan di dalam jaringan organisasi dengan menggunakan private cloud, sedangkan layanan lain dapat dihosting di luar jaringan organisasi dengan menggunakan public cloud. Sebagai pengguna hybrid cloud Anda dapat secara bergantian menggunakan layanan di antara 2 jenis cloud ini dalam operasional sehari-hari.

Berbekal banyak benefit yang dimilikinya, hybrid cloud merupakan solusi cloud yang fleksibel sekaligus efisien dari segi biaya untuk bisnis Anda yang menangani beban kerja yang banyak dan kompleks.

Keuntungan Private Cloud yang Menjadikan Private Cloud Pas untuk Bisnis Anda

Solusi private cloud menawarkan banyak keuntungan bagi bisnis dan organisasi, di antaranya sebagai berikut:

1. Kontrol Penuh di Tangan Anda

Private cloud dapat disesuaikan untuk memenuhi standar spesifik bisnis Anda, dengan melakukan kustomisasi sesuai dengan peraturan privasi apa pun, sehingga menawarkan kontrol penuh untuk bisnis Anda. Private cloud ditempatkan di data center penyedia layanan cloud secara dedicated untuk Anda, sehingga data dan infrastruktur TI perusahaan dapat Anda kontrol secara penuh. Private cloud memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi platform sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda berdasarkan skala perusahaan, sektor industri dan strategi bisnis.

Selain itu, Anda pun dapat mengelola platform secara efisien jika terdapat perubahan secara sistem kapan pun Anda perlukan, dengan kata lain: kontrol penuh di tangan Anda.

2. Kustomisasi

Benefit private cloud selanjutnya yaitu kebebasan untuk melakukan kustomisasi infrastruktur cloud. Faktor keleluasaan melakukan kustomisasi ini penting peranannya karena setiap organisasi memiliki persyaratan teknis dan bisnis yang bervariasi sesuai dengan skala perusahaan, sektor industri, hingga strategi bisnis.

Dengan private cloud Anda dapat menyesuaikan infrastruktur dengan cara apa pun yang Anda inginkan, misalnya jika Anda ingin menyesuaikan perangkat lunak berdasarkan perkembangan dan kebutuhan perusahaan melalui pengembangan khusus.

3. Pemenuhan Compliance dan Regulasi

Karakteristik private cloud yang memberikan Anda kontrol penuh atas pengelolaan data, informasi dan pengaturan keamanan, memungkinkan Anda untuk membangun platform sesuai dengan kebijakan regulasi dan compliance terkait sektor bisnis Anda.

Faktor ini penting peranannya terutama untuk sektor bisnis yang tergolong heavily regulated industry seperti industri keuangan, healthcare dan mining industry.

4. Keamanan dan Privasi

Setiap bisnis tentunya menginginkan keamanan terbaik dari ancaman kebocoran data maupun serangan siber yang berpotensi mengganggu kelangsungan bisnis. Pada private cloud semua data disimpan dan dikelola di server yang tidak dapat diakses oleh pihak mana pun, sehingga menjamin privasi dan keamanan perusahaan Anda.

Anda pun memiliki kontrol penuh atas semua data, sehingga hanya Anda yang tahu persis di mana data Anda berada, selain itu Anda pun dapat memberikan tindakan pencegahan yang diperlukan terkait disaster recovery plan.

Mengapa Semakin Banyak Bisnis yang Bermigrasi ke Private Cloud?

Saat ini, sekitar 52% organisasi sudah menggunakan private cloud untuk operasional bisnis mereka. Kabar baiknya berdasarkan penelitian terbaru, angka mayoritas ini akan terus bertumbuh. Dalam studi IDC baru-baru ini, hampir 80% organisasi telah memindahkan aplikasi dari public cloud ke private cloud. Penelitian tersebut pun memprediksi bahwa dalam rentang 2 tahun ke depan, 50% dari semua aplikasi public cloud akan beralih ke private cloud.

Kira-kira, apa alasan atau motif bisnis dari berbagai perusahaan yang memutuskan untuk bermigrasi ke private cloud?

Dalam hampir semua kasus, alasannya adalah dengan menggunakan private cloud mereka dapat mengontrol biaya menjadi lebih efektif dan efisien sesuai dengan benefit yang mereka dapatkan. Hal ini didukung oleh studi terpisah dari IDC yang menemukan bahwa total beban kerja sistem informasi perusahaan rata-rata menelan biaya dua kali lebih mahal untuk dijalankan di public cloud dibandingkan di private cloud. Selain itu, faktor keamanan dan kustomisasi yang dimiliki private cloud pun menarik banyak perusahaan untuk memilih menggunakan private cloud.

Solusi Private Cloud Handal Terpercaya

Dengan demikian, memiliki infrastruktur sendiri di private cloud akan menjamin kelangsungan bisnis Anda dalam jangka panjang, sebab dinamika bisnis selalu berubah seiring perkembangan teknologi yang juga kian pesat. Private cloud memberikan Anda benefit privasi, kontrol penuh dan kustomisasi yang dapat disesuaikan dengan pertumbuhan bisnis.

Sehingga Anda dapat memastikan penggunaan dan pengelolaan private cloud pada bisnis Anda senantiasa aman dalam jangka panjang tanpa kekhawatiran apa pun.

Membangun private cloud memang tak mudah sebab menguras sumber daya berupa tim teknis berpengalaman, waktu dan tentunya biaya yang tak sedikit.

Maka dari itu pilihlah penyedia layanan private cloud yang menawarkan solusi fully managed service sehingga Anda cukup fokus pada hal-hal strategis, serahkan urusan teknis pada cloud provider terpercaya.

CBNCloud siap berkolaborasi dan bertumbuh bersama bisnis Anda dengan memberikan layanan cloud handal terpercaya.

Hubungi kami segera dan feel free untuk berkonsultasi dengan kami guna mengetahui layanan Private Cloud VMware sebagai solusi transformasi digital bisnis Anda yang cocok untuk small business, startup, hingga enterprise.

Nikmati kemudahan bertransformasi digital bersama CBNCloud, optimized to simplify your life.

HUBUNGI KAMI:
sales@cbncloud.co.id
+6221 2996 4977 ext. 6800
cbncloud.co.id

Kontak media

Call Center

Contact our sales representatives to help you arrange schedule for a presentation

Support

Our helpful and always ready experts are a click or call away. Anytime, anywhere.

Member Center

Sign in and enjoy our various solutions as a member for your business