Selain layanan SaaS Microsoft 365 yang memiliki banyak keunggulan sebagai perangkat kerja kolaboratif yang mudah dan aman digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari small business hingga enterprise, apakah Anda juga sudah familiar dengan layanan cloud collaboration tools G Suite yang sekarang sudah berganti nama menjadi Google Workspace?

Selama lebih dari satu dekade, Google menghadirkan solusi G Suite sebagai serangkaian perangkat produktivitas di kalangan profesional. Seiring dengan berkembangnya cara orang bekerja, terlebih sejak pandemi Covid 19 melanda dunia termasuk Indonesia yang secara masif mengubah cara bekerja di berbagai sektor industri menjadi tak lagi terbatas ruang dan waktu, fitur-fitur aplikasi G Suite semakin berkembang. Maka dari itu, untuk mengimbangi perkembangan kebutuhan bisnis pasca pandemi, Google mengganti nama atau rebranding layanan G Suite menjadi Google Workspace.

Apa itu Google Workspace? Apa perbedaan layanan Google Workspace setelah berganti nama dari G Suite? Keunggulan apa saja yang ditawarkan oleh Google Workspace untuk masing-masing pelanggannya? Bagaimana Cara Berlangganan Layanan Google Workspace di Indonesia dengan Aman dan Mudah?

Artikel kali ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan layanan Google Workspace sebagai cloud collaboration tools untuk meningkatkan produktivitas bisnis Anda. Untuk dapat mengetahui berbagai keunggulan Google Workspace dan bagaimana cara berlangganan layanan Google Workspace dengan mudah dan aman, yuk, simak terus artikel ini sampai habis, ya!

Daftar Isi
1. Apa Itu Cloud Collaboration?
2. Apa Itu G Suite?
3. Apa Itu Google Workspace?
4. Mengapa Harus Menggunakan Google Workspace?
5. Fitur dan Layanan Unggulan Apa Saja yang Disediakan oleh Google Workspace?
    5.1. Gmail
    5.2. Google Docs, Sheets dan Slides
    5.3. Google Drive
    5.4. Google Calendar
    5.5. Cloud Search
    5.6. Google Meet
6. Benefit dan Keunggulan Penggunaan Google Workspace untuk Produktivitas Bisnis Anda
    6.1. Aksesibilitas Kapan Pun di Mana Pun
    6.2. Keamanan Ekstra dari Perusahaan Teknologi Terkemuka
    6.3. Kelola Data Anda Tanpa Batas
    6.4. Kemudahan Pengelolaan
    6.5. Solusi Minimalis Hasil Maksimalis
7. Berapa Harga Berlangganan Layanan Google Workspace di Indonesia?
8. Bagaimana Cara Berlangganan Layanan Google Workspace di Indonesia dengan Aman dan Mudah?

Apa Itu Cloud Collaboration?

Sebelum membahas lebih jauh terkait pengertian dan benefit Google Workspace untuk bisnis Anda, apa sih Cloud Collaboration itu?

Sebagaimana dijelaskan pada artikel sebelumnya terkait Microsoft 365, cloud collaboration dapat didefinisikan sebagai kolaborasi kerja yang dilakukan dalam suatu perusahaan yang memungkinkan karyawan untuk bekerja secara bersama-sama pada dokumen maupun jenis data lainnya, di mana data-data tersebut dialokasikan oleh penyedia layanan SaaS di luar infrastruktur on-premises dan di luar firewall perusahaan.

Dengan menggunakan layanan cloud collaboration, masing-masing karyawan dapat menggunakan platform tersebut untuk berbagi file, mengedit file dan bekerja bersama-sama dalam suatu project. Solusi cloud collaboration memungkinkan dua orang atau lebih untuk dapat mengerjakan sebuah project kerja sekaligus.

Misalnya, seorang project manager dapat membagikan tautan berkas file atau jenis data lainnya ke project member lain sehingga data-data tersebut dapat dilihat dan diedit oleh semua project member. Sehingga masing-masing pengguna dapat melakukan perubahan pada dokumen kapan saja dan di mana saja secara bersamaan. Semua perubahan yang dilakukan oleh pengguna disimpan dan disinkronisasi satu sama lain, sehingga pada satu waktu setiap pengguna akan melihat versi file atau data yang sama yang terakhir kali diperbaharui oleh masing-masing pengguna.

Apa Itu G Suite?

Sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai Google Workspace, mari kita mengenang kembali layanan G Suite. Awalnya, pada tahun 2006 Google merilis layanan Google Apps for Your Domain, yaitu solusi bagi organisasi atau perusahaan untuk menggunakan layanan Google di domain mereka sendiri (misalnya @cbncloud.com) dengan mekanisme langganan bulanan atau monthly subscription. Kemudian pada tahun 2016, layanan ini di-rebranding menjadi G Suite.

Dengan menggunakan layanan G Suite akan memungkinkan Anda dan organisasi Anda untuk menggunakan serangkaian perangkat penunjang produktivitas dan kolaborasi berbasis cloud dari Google, termasuk di dalamnya fungsi network storage dan server email yang dikelola langsung oleh Google sebagai layanan SaaS.

Sebelumnya, layanan G Suite terdiri dari Gmail, Google Talk, Google Calendar, dan Google Page Creator. Seiring waktu sesuai perkembangan zaman yang tentunya turut pula mengubah perilaku dan kebutuhan pelanggan, maka aplikasi-aplikasi tersebut diperluas dan menyertakan juga aplikasi Google Docs, Sheets, Slides, Forms, Google Drive, Google Chat dan Google Meet.

Apa Itu Google Workspace?

Google Workspace adalah rebranding dari layanan G Suite yang dirilis pada tahun 2020. Secara definisi, Google Workspace adalah serangkaian perangkat inovatif berbasis cloud milik Google yang dirancang untuk memfasilitasi pengguna beserta organisasi sebagai tools untuk meningkatkan fungsi kolaborasi, produktivitas dan mobilitas pekerjaan.

Dengan demikian, Google Workspace adalah layanan yang sama dengan nama layanan sebelumnya yaitu G Suite. Tentunya perubahan nama menjadi Google Workspace tersebut diikuti pula dengan berbagai perubahan inovatif yang dilakukan oleh Tim teknis Google sepanjang tahun 2020.

Inovasi tersebut di antaranya perangkat G Suite yang sebelumnya terpisah menjadi lebih fungsional dan lebih terintegrasi satu sama lain. Sehingga dengan menggunakan Google Workspace, Anda tak perlu lagi beralih-alih aplikasi antara Gmail, Documents, Meet, maupun aplikasi Google lainnya, sebab semua aplikasi penunjang produktivitas tersebut tersedia pada satu perangkat yang terintegrasi dalam cloud collaboration tools Google Workspace.

Perkembangan selanjutnya pada Oktober 2020, sejak berganti nama menjadi Google Workspace sekaligus merilis perubahan signifikan yang inovatif bagi para penggunanya, Google mengumumkan bahwa Google Workspace telah melampaui lebih dari 6 juta pengguna bisnis setelah menerima satu juta pelanggan baru hanya dalam waktu kurang dari dua tahun.

Mengapa Harus Menggunakan Google Workspace?

Kira-kira, apa alasan atau motivasi terkuat Anda agar menggunakan Google Workspace sekarang juga?

Alasan paling rasional bagi Anda untuk menggunakan Google Workspace adalah Anda akan mendapatkan akses penuh ke serangkaian aplikasi Google yang mungkin sudah Anda gunakan sejak Anda bersekolah dahulu, seperti Gmail, Google Docs, dan masih banyak lagi layanan Google lainnya, namun dengan fleksibilitas kapasitas dan limitasi penggunaan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Layanan yang lengkap dan sudah familiar Anda gunakan tersebut didukung pula oleh dukungan pelanggan 24/7 melalui live chat, email dan telepon. Google Workspace memberikan benefit yang dibutuhkan oleh pengguna untuk berkolaborasi dalam project bisnis setiap harinya.

Fitur dan Layanan Unggulan Apa Saja yang Disediakan oleh Google Workspace?

Secara umum, berikut adalah beberapa aplikasi dan layanan saat ini yang disediakan oleh layanan Google Workspace bagi para penggunanya.

1. Gmail

Dengan menggunakan Gmail Anda dapat membuat akun email bisnis yang profesional dan dipersonalisasi untuk karyawan Anda sebanyak yang Anda butuhkan dengan kapasitas hosting sesuai kebutuhan, dengan menggunakan layanan hosting email Gmail. Fitur ini merupakan salah satu keunggulan utama penggunaan Google Workspace baik untuk small business, startup maupun enterprise, Anda dapat memanfaatkan fitur Google Workspace yang sangat fungsional seperti penjadwalan email (email scheduling), Google Translate, ‘Nudge’ alert dan Smart Compose yang menggunakan Google AI untuk memberikan rekomendasi penulisan email untuk Anda.

2. Google Docs, Sheets dan Slides

Aplikasi pengolah dokumen yang dinamis dari Google ini sangat powerful bagi kalangan profesional untuk membuat dan mengedit dokumen teks seperti proposal, spreadsheet, hingga membuat presentasi melalui browser web Anda. Program-program ini membantu kolaborasi tim yang optimal melalui fitur berbagi dokumen yang mudah, pengeditan file secara real-time, saling memberikan komentar, fitur multi-author, version-checking, built-in chat dan penyimpanan file otomatis.

3. Google Drive

Google Drive memiliki fungsi vital sebagai penyimpan seluruh dokumen dan file Anda di hub terpusat yang dihosting di environment cloud. Semua aset data-data berharga Anda dapat dengan mudah dibagikan dengan tautan dan pengaturan izin atau restriksi yang juga dapat Anda atur sendiri sesuai dengan kebutuhan, sehingga data-data bisnis akan mudah diakses oleh seluruh tim Anda dalam hitungan detik berkat fungsi pencarian lanjutan Google Workspace.

4. Google Calendar

Dengan fitur Google Calendar, Anda dapat dengan mudah menjadwalkan meeting internal dan eksternal secara real-time untuk semua peserta meeting. Selain itu, Google Calendar akan langsung terintegrasi ke Gmail, memberikan Anda akses ke seluruh fitur Google Workspace yang berguna seperti pembuatan beberapa calendar, email reminder untuk meeting (bersama dengan informasi traffic secara real-time) dan integrasi calendar dengan meeting rooms dan catatan rekan kerja Anda.

5. Cloud Search

Fitur Cloud Search sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan pelacakan data dan file yang berada di organisasi Anda. Anda dapat melacak file apa pun selama data tersebut disimpan dan dihosting di seluruh perangkat Google Workspace seperti aplikasi Gmail, Google Drive, dan Calendar.

6. Google Meet

Aplikasi Google Meet memungkinkan Anda untuk senantiasa terhubung dengan rekan kerja dan klien Anda melalui video conference. Aplikasi video conference ini terintegrasi penuh dengan platform Google Workspace dan dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki tautan, memungkinkan virtual meeting berkualitas tinggi, baik pertemuan empat mata maupun pertemuan dengan forum. Google Meet dapat menampung hingga 250 peserta dalam satu panggilan dan mendukung 100.000 viewers untuk acara live-streaming.

Benefit dan Keunggulan Penggunaan Google Workspace untuk Produktivitas Bisnis Anda

Layanan Google Workspace memiliki berbagai keuntungan atau benefit untuk bisnis Anda yang dalam jangka panjang penggunaan Google Workspace ini berpotensi meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis Anda.

Berikut 5 benefit penggunaan Google Workspace yang menjadikan alasan kuat mengapa bisnis Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan layanan Google Workspace.

1. Aksesibilitas Kapan Pun di Mana Pun

Sebagai platform collaborations tools berbasis cloud, Google Workspace dapat diakses 24/7 kapan pun, dari lokasi mana pun. Pengguna dapat membuat dokumen, berkolaborasi dengan rekan kerja secara real-time, video call atau mengirim email kapan saja dari mana saja. Selain itu, karena aplikasi Google Workspace kompatibel dengan semua browser, Anda juga dapat menggunakan perangkat apa pun untuk mengakses fitur dan konten Google Workspace, baik Mac atau PC, perangkat Android ataupun perangkat Apple.

Fitur menarik lainnya yaitu fitur offline Google Workspace yang memungkinkan Anda tak perlu bergantung pada internet untuk menyelesaikan pekerjaan atau mengakses data Anda. Apabila Anda lebih suka memiliki salinan file yang dihosting secara lokal untuk pekerjaan offline, G Drive File Stream dapat melakukan sinkronisasi konten G Drive terbaru ke perangkat Anda. Dengan demikian, hal ini akan memastikan Anda selalu bekerja dengan file terbaru dan tidak perlu repot-repot untuk memindahkan dan menduplikasi file Anda.

Selain itu, Google Workspace memiliki Service Level Agreement (SLA) 99,99% untuk aplikasinya yang berarti hampir tidak pernah ada waktu henti atau pemeliharaan terjadwal sehingga Anda akan selalu dapat mengakses dan mengelola file berharga Anda kapan pun di mana pun.

2. Keamanan Ekstra dari Perusahaan Teknologi Terkemuka

Alasan utama lain untuk menggunakan Google Workspace adalah platform tersebut selalu berupaya ekstra untuk menjaga keamanan informasi Anda. Google menerapkan protokol keamanan yang ketat dan terdepan di industri teknologi baik keamanan dalam lingkup data center fisik maupun keamanan siber antar lalu lintas cloud-host, di antaranya melalui upaya-upaya berikut:

  • 2-Step Verification; Jika seseorang masuk dari perangkat yang tidak dikenal, pengguna akun asli akan segera dikirimi pesan teks dengan kode verifikasi untuk memberikan lapisan keamanan tambahan.
  • Keamanan Tercanggih; Data center fisik Google dilindungi oleh berbagai restriksi keamanan yang ketat dan terdepan guna memastikan keamanan data-data penting perusahaan terkemuka di seluruh dunia selalu aman setiap saat.
  • Jaminan Kerahasiaan Data; Lalu lintas semua konten, data, file yang berpindah antara server Google dan server perusahaan Anda dienkripsi dengan ketat. Misalnya setiap email yang Anda kirim atau terima 100% terenkripsi sehingga aman untuk dibuka. Selain itu, Administrator juga dapat mengatur pengaturan enkripsi khusus untuk konten, file dan data-data lain yang ingin Anda proteksi ekstra.
  • Deteksi AI dari Pemantauan Proses Masuk; Untuk menangkal aktivitas mencurigakan apa pun, Google akan segera memberi tahu Administrator jika mendeteksi perilaku masuk yang baru dikenali hingga perilaku mencurigakan yang tidak biasa.

3. Kelola Data Anda Tanpa Batas

Tidak seperti akun Gmail gratis yang membatasi atau memberikan limitasi pada penggunanya dengan data gratis hingga maksimum 15 GB, apabila Anda menggunakan Google Workspace Anda akan mendapatkan alokasi data tak terbatas untuk semua aset bisnis Anda seperti file, aplikasi, foto, dokumen dan email sesuai dengan paket berlangganan Google Workspace yang Anda pilih.

Google Workspace juga menyediakan tools dan layanan migrasi data untuk membantu Anda memigrasikan data dengan aman dari perangkat atau server kantor sehingga Anda dapat menyimpan dan mengelola seluruh data dan file secara terpusat dan terintegrasi.

Selain itu, Google Workspace memiliki beberapa opsi untuk perlindungan data lebih lanjut. Dengan Vault, misalnya, Anda dapat mengelola, menelusuri, dan mengekspor email dan file bisnis Anda ke perangkat atau infrastruktur lokal, serta menetapkan kebijakan penyimpanan pada materi arsip apa pun. Google Backup dan Sync juga memungkinkan Anda menyimpan salinan data yang dihosting di perangkat apa pun atau di cloud server mana pun yang digunakan oleh perusahaan Anda.

4. Kemudahan Pengelolaan

Google Workspace Admin Console adalah tools fungsional yang memberikan kontrol penuh bagi seorang manager dan pemilik bisnis atas seluruh aktivitas perusahaan. Dengan menggunakan Panel Admin, Anda sebagai pengguna dapat menerapkan batasan atau ketentuan pada akun, data perangkat, setelah verifikasi, dan pada aplikasi pengguna untuk memastikan penggunaannya dengan benar.

Selain itu, melalui Panel Admin Reports dapat diperoleh laporan terkait aktivitas pengguna yang memberikan informasi penting kepada Administrator perihal kebiasaan karyawan dalam menggunakan Google Workspace untuk bisnis selama ini. Administrator pun dapat memperoleh informasi berguna lainnya seperti berapa banyak konten yang dibuat karyawan, siapa saja yang memanfaatkan fitur peningkatan produktivitas secara maksimal, hingga perangkat siapa saja yang dapat menimbulkan potensi ancaman keamanan.

5. Solusi Minimalis Hasil Maksimalis

Google Workspace dapat menghemat sumber daya termasuk anggaran perusahaan Anda sebab Anda tak perlu lagi membeli dan memelihara server maupun perangkat keras on-premises yang sebelumnya digunakan dan “terpaksa” dikelola oleh perusahaan. Sehingga protokol dan pemeriksaan keamanan layanan Anda ditangani sepenuhnya oleh Google, Anda sebagai pengguna tinggal terima beres.

Selain itu, Anda pun dapat melakukan efisiensi lainnya misalnya Anda tak perlu lagi menyewa kantor di kawasan bisnis di kota besar untuk karyawan Anda yang harga bulanannya tentu tidak murah, sebab alur kerja dan alur bisnis dapat dikerjakan secara fleksibel dari mana pun.

Anda pun dapat melakukan upgrade layanan Google Workspace kapan pun dengan mudah. Anda cukup membayar untuk akun Google Workspace lain dibandingkan sebelumnya Anda harus melakukan ekspansi infrastruktur sendiri dengan lebih banyak perangkat lunak atau perangkat penyimpanan yang cukup menguras anggaran operasional bisnis Anda selama ini.

Berbagai benefit serta keunggulan di atas menjadikan Google Workspace sebagai solusi minimalis dengan hasil maksimalis untuk semua sektor industri.

Berapa Harga Berlangganan Layanan Google Workspace di Indonesia?

Harga atau biaya berlangganan layanan Google Workspace di Indonesia tentunya bervariasi, bergantung pada paket layanan yang Anda pilih, di provider mana Anda membeli paket berlangganannya, serta berapa banyak jumlah pengguna yang ingin Anda berikan akses layanan Google Workspace.

CBNCloud menawarkan pilihan paket Google Workspace yang bervariasi dalam beragam paket, di antaranya Google Workspace Starter, Google Workspace Business Standard, Google Workspace Business Plus, Google Workspace Enterprise Standard dan Google Workspace Enterprise Plus. Layanan tersebut dapat Anda dapatkan dengan harga bervariasi, mulai dari 80ribuan per bulan.

Bagaimana Cara Berlangganan Layanan Google Workspace di Indonesia dengan Aman dan Mudah?

Google Workspace adalah solusi yang cocok untuk menjawab berbagai kebutuhan bisnis khususnya untuk email hosting sekaligus solusi all-in-one untuk kebutuhan document collaboration dan network storage dengan perangkat lunak modern yang didukung dan dikelola penuh oleh Google sehingga performa dan keamanannya sudah teruji oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.

CBNCloud siap berkolaborasi dan bertumbuh bersama bisnis Anda dengan memberikan layanan cloud collaboration yang aman, andal dan terpercaya. Hubungi kami segera untuk berkonsultasi lebih lanjut perihal layanan CBNCloud Collaboration Google Workspace Indonesia sebagai solusi transformasi digital Anda.

Informasi lebih lanjut mengenai paket layanan Google Workspace beserta harga berlangganan per bulannya, feel free untuk berkonsultasi dengan Sales kami dengan mengirimkan inquiry terkait kebutuhan Google Workspace Anda melalui email ke sales@cbncloud.co.id

Nikmati kemudahan bertransformasi digital bersama CBNCloud, optimized to simplify your life.

HUBUNGI KAMI:
sales@cbncloud.co.id
+6221 2996 4977 ext. 6800
cbncloud.co.id

Kontak media

Call Center

Contact our sales representatives to help you arrange schedule for a presentation

Support

Our helpful and always ready experts are a click or call away. Anytime, anywhere.

Member Center

Sign in and enjoy our various solutions as a member for your business